Kamis, 23 Juli 2015

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk - Kali ini saya ingin memberikan beberapa tips cara mengobati batuk berdahak dan batuk kering secara alami yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan, dan apabila diterapkan secara rutin hasilnya akan sangat efektif.Faktor internal contohnya yakni karena adanya lendir, mengkonsumsi makanan tertentu, mengidap suatu penyakit, dan lainnya. Sedangkan beberapa faktor eksternal yakni seperti karena menghirup asap, debu, serta kondisi lingkungan sekitar.

Perlu anda ketahui juga bahwa batuk bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah gejala adanya suatu penyakit/gangguan pada tubuh kita. Selain itu batuk juga merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh kita yang berada pada saluran pernapasan.

Jika anda menderita batuk jangan gegabah untuk mengkonsumsi obat batuk yang sekarang banyak dijual di toko maupun apotek. Kenapa? karena dalam obat batuk tersebut terkandung berbagai bahan kimia yang dapat memberikan efek samping. Nah sebagai pengganti obat batuk berbahan kimia, anda dapat membuat obat batuk alami sendiri dengan menggunakan bahan herbal. Langsung saja berikut ini beberapa cara mengobati batuk sacara alami yang dapat anda coba.

Cara Mengobati Batuk

Cara Mengobati Batuk

Cara Mengobati Batuk Berdahak
  1. Menggunakan Jahe dan Kencur
    Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus irisan jahe dan kencur secukupnya kedalam 2 gelas air sampai mendidih dan minum air rebusan tersebut saat sudah hangat. Anda dapat mengkonsumsinya sebanyak 2 kali dalam sehari.
  2. Jeruk Nipis dan Madu
    Caranya yakni dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Setelah itu minum ramuan tersebut, anda dapat mengkonsumsinya 2-3 kali sehari.
  3. Jahe dan Daun Sirih
    Caranya yakni siapkan 7 lembar daun sirih dan potongan jahe secukupnya, setelah itu rebus kedalam 2 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih jangan langsung diangkat, tapi tunggu dulu sampai air tersisa 1 gelas saja. Setelah itu baru angkat dan saring untuk diambil airnya. Setelah hangat anda dapat mengkonsumsi air rebusan tersebut.

Cara Mengobati Batuk Kering
  1. Daun Kemangi
    Untuk mendapatkan khasiatnya rebuslah daun kemangi sebanyak 5-7 lembar dengan 1-2 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih lalu saring untuk mengambil airnya, minum setidaknya 1 kali sehari.
  2. Belimbing Wuluh
    Caranya yakni dengan menghaluskan 5-10 belimbing wuluh dan mencampurkannya dengan 1 cangkir air matang, anda juga dapat menambahkan sedikit garam. Setelah itu peras dan saring untuk mengambil airnya, minumlah air perasan tersebut 2 kali sehari.
  3. Campuran Teh dan Jahe
    Anda hanya cukup membuat teh panas kemudian masukkan irisan jahe secukupnya. Saat sudah hangat langsung saja dikonsumsi, selain nikmat tentu air teh tersebut dapat mengobati batuk kering.

Nah silahkan mencoba salah satu cara mengobati batuk secara alami yang sudah saya berikan diatas. Namun apabila batuk terus berlanjut sebaiknya segera hubungi dokter agar dapat ditangani lebih serius. Sekian tips pengobatan alami kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar